Media Penyimpanan

1) Harddisk


Jumlah/ukuran Ruang Standart: 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB, 3,5 inci dengan kapasitas 3TB
Prinsip Kerja: Magnetis
Kelebihan:
  • Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
  • Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.

Kekurangan: Karena sifatnya yang rapuh dan tidak tahan guncangan, cakram keras bisa dikategorikan sebagai barang pecah belah.

2) FlashDisk
Usbkey internals.jpg
Jumlah/ukuran Ruang Standart: 64 MB sampai 512 GB.
Prinsip Kerja: Elektromagnetis
Kelebihan: lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
Kekurangan: memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada Penggerak kilat USB rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan Harddisk yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.

3) CD/DVD
Jumlah/ukuran Ruang Standart: bisa mencapai 700 MB
Prinsip Kerja: Optik
Kelebihan: lebih besar daya tampungnya daripada disket.
Kelemahan: mudah rusak jika tidak hati - hati menyimpannya seperti gampang tergores, dan jika dipakai sebagai media penyimpanan sehari - hari sangat tidak familiar atau tidak praktis, karena untuk menggunakannya tidak semudah copy paste, harus ada prosedurnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EVALUASI

Soal Latihan TIK Kelas X Semester 2

Curriculum Vitae Narasi

Beberapa Fasilitas penting yang disediakan Microsoft Word

LOKAL AREA NETWORK

Pengertian, Jenis dan Fungsi Port Pada Komputer

Pengertian booting dan macam-macamnya

SEJARAH MICROSOFT OFFICE WORD

HARDWARE KOMPUTER